BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pembelajaran
merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru
bertindak sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau
siswa. Proses pembelajaran pada awalnya meminta guru untuk mengetahui kemampuan
dasar yang dimiliki oleh siswa meliputi kemampuan dasarnya, motivasinya, latar
belakang akademisnya, latar belakang social ekonominya dan lain sebagainya.
Guru harus memahami hakekat materi pelajaran yang diajarkannya sebagau suatu
pelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa dan memahami
berbagai model pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan siswa untuk belajar
dengan perencanaan yang matang.
Permasalahan yang ditemukan pada
proses pembelajaran dipandang sebagai phenomena yang memberikan kesadaran bagi
guru untuk selalu memberikan inovasi-inovasi dalam pemilihan dan penggunaan
model dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan guru hendaknya
tidak hanya menyampaikan informasi terhadap siswa, tetapi juga dapat
menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga siswa tertarik serta dapat
belajar. Harapan yang diinginkan dari mengajar itu sendiri merupakan segala
upaya yang disengaja dalam rangka memberikan motivasi, bimbingan, pengarahan, dan
semangat kepada siswa agar terjadi proses pembelajaran.
Hal tersebut juga sesuai dengan yang
diamanatkan Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005 Pasal 4
(Depdiknas) yang menjelaskan bahwa kedudukan guru sebagai tenaga professional
berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran
yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.
Sebagai agen pembelajaran (
Learning agent) perqan guru antara lain sebagai fasilitator, motivator, pemacu,
perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik.
Pembelajaran bahasa inggris
merupakan bagian dari proses pendidikan di sekolah yang mempunyai peranan
penting dalam disiplin ilmu, sesuai dengan fungsinya un tuk mengembangkan
kemampuan bernalar dan ketrampilan siswa. Mempelajari bahasa inggris tidak
hanya memecahkan soal-soal yang diberikan guru, tetapi juga dapat menerapkan
pembelajaran tersebut kedalam kehidupan sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar