Minggu, 15 April 2012

model pembelajaran kooperatif tipe STAD

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah

Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru bertindak sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau siswa. Proses pembelajaran pada awalnya meminta guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa meliputi kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademisnya, latar belakang social ekonominya dan lain sebagainya. Guru harus memahami hakekat materi pelajaran yang diajarkannya sebagau suatu pelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa dan memahami berbagai model pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan siswa untuk belajar dengan perencanaan yang matang.
                 Permasalahan yang ditemukan pada proses pembelajaran dipandang sebagai phenomena yang memberikan kesadaran bagi guru untuk selalu memberikan inovasi-inovasi dalam pemilihan dan penggunaan model dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan guru hendaknya tidak hanya menyampaikan informasi terhadap siswa, tetapi juga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga siswa tertarik serta dapat belajar. Harapan yang diinginkan dari mengajar itu sendiri merupakan segala upaya yang disengaja dalam rangka memberikan motivasi, bimbingan, pengarahan, dan semangat kepada siswa agar terjadi proses pembelajaran.
                 Hal tersebut juga sesuai dengan yang diamanatkan Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005 Pasal 4 (Depdiknas) yang menjelaskan bahwa kedudukan guru sebagai tenaga professional berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.
Sebagai agen pembelajaran ( Learning agent) perqan guru antara lain sebagai fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik.
                 Pembelajaran bahasa inggris merupakan bagian dari proses pendidikan di sekolah yang mempunyai peranan penting dalam disiplin ilmu, sesuai dengan fungsinya un tuk mengembangkan kemampuan bernalar dan ketrampilan siswa. Mempelajari bahasa inggris tidak hanya memecahkan soal-soal yang diberikan guru, tetapi juga dapat menerapkan pembelajaran tersebut kedalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar